Jumat, Agustus 27, 2010

PROSEDUR KEBERANGKATAN KE LUAR NEGERI (BUAT YANG BLANK BANGET TTG OVERSEAS TRIP DI AIRPORT)

Hallo semuanya~~
Hari ini saya mau bagi-bagi pengalaman.. mudah2an bisa bermanfaat bagi temen-temen yagn belum/ baru mau keluar negeri untuk pertama kalinya…

Langusng aje ye..

1) Print out ticket sebaiknya di foto kopi sebanyak mungkin
2) Jangan lupa di tas kamu harus ada pulpen..
3) Document yang wajib dipegang ditangan
· Passport
· Ticket
· NPWP (selipin aja di buku sampul passport)
4) Siapkan uang 2.5 juta bagi yang ga punya NPWP (optional)
5) Siapkan uang 150rb untuk bayar airport tax di loket tiket


Pertama2…
1) ke Bandara Soekarno Hatta menuju terminal 2D atau 2E (ini terminal untuk keberangkatan Luar negeri)

Sub Terminal 2D: AirAsia, Air China, Batavia Air, Cathay Pacific, Cebu Pacific, China Airlines, China Southern Airlines, Emirates, Eva Air, Japan Airlines, Jetstar, Kuwait Airlines, Lufthansa, Malaysia Airlines, Mandala Airlines, Philippine Airlines, Qantas, Qatar Airways, Saudi Arabian Airlines, Singapore Airlines, Thai Airways International, Valuair, dan Yemenia.
Sub Terminal 2E: Garuda Indonesia, Etihad, KLM Royal Dutch Airlines, Korean Air, Lion Air, dan Royal Brunei.




2) Lalu masuk menuju loket tiket penerbangan yang akan kamu naiki.. di sana kamu harus check in.. serahkan Passport, dan Tiket pesawat.. di sini kamu boleh request untuk duduk dimana (misalnya mau dekat dengan jendela/ atau duduk dekat lavatory), lalu setelah itu si petugas di loket tiket akan meminta kmu membayar 150rb untuk airport tax.. dan kamu serahkan juga koper/barang bawaan yang akan mau dimasukan ke dalam bagasi pesawat ke petugas itu.. lalu selanjutnya kamu akan diberi boarding pass, dan kartu imigrasi.













3) Cari tempat duduk.. lalu isilah kartu imigrasinya.. Kartu imigrasi dibagi menjadi dua bagian yang dapat dirobek. Depature dan Arrival (Pemberangkatan, dan Kedatangan). Isi dengan seksama, selipkan ke dalam passport, kemudian petugas gerbang (gate) tempat lo akan menunggu pesawat nanti akan merobek bagian depature. Ingat kartu imigrasi ini jangan sampe ilang. Karena lo wajib memberikan potongan kartu arrival (kedatangan) lainnya, sekembalinya lo ke Indonesia sehabis melancong nanti
4)
Stelah ini kamu harus mencari LOKET FISKAL, di sana serahkan kartu NPWP kamu dan tiket pesawat kmu… jika NPWP kamu valid.. di belakang tiket akan diberi sticker.. “BEBAS FISKAL”





5) Menuju imigrasi… jangan lupa .. antri lah di tempat imigrasi “INDONESIA” jangan di foreigner… hehee.. saya udah dua kali nih salah ngantri.. entah kenapa selalu berdiri di antrian FOREIGNER… =))
6) Perhatikan baik2 di boarding pass kamu, ada tercetak GATE berapa.. misalnya GATE D-4… berarti kamu ikuti aja penunjuk jalan sampai kamu menemukan GATE D dan cari pintu yang bertuliskan 4… mudahkan?
7) Setelah sampai di Gate tujuan dan kamu berhasil masuk melalui scanning gate, kamu akan dipersilakan untuk duduk di ruang tunggu hingga pramugari/pramugara menyuruh kamu memasuki pesawat.. biasanya penumpang yang persilakan duluan adalah penumpan VIP, atau business class dulu… lalu setelah itu penumpang economy.. dan aturan masuknya pun seringkali di atur.. misalnya dan biasanya pramugari akan memberitahukan.. “PENUMPANG DENGAN NOMOR DUDUK 40-70 silakan memasuki pesawat… lalu begitu seterusnya.. kita tugngu aja smp mereka memanggil nomor duduk kita..
8) Nah.. setelah di pesawat.. jagna lupa sering-sering perhatikan pengumuman dari pilot.. selama take off dilarang menghidupkan alat2 elektronik… namun saat sudah lepas landas.. kita boleh kog menghidupkan Laptop, handycam , mp3, portable PS (psp), kecuali HP.. (selain ga ada sinyal ya buat apa juga..)

Have a nice flight..


Nah sesampainya di Bandara di luar negeri..
Keluarlah secara teratur.. dan setelah kita menginjak bandara tersebut.. carilah LAYAR MONITOR PENGUMUMAN.. biasanya dan hampir semua merk nya SAMSUNG (bukannya promosi. Tapi saya emagn digaji sama SAMSUNG.. wkwkwkw)
Di layer itu.. cari nama penerbangan kamu.. dan liat lokasi baggage claim kamu..
Misalnya penerbangan MH72 => 14..
Berarti kamu harus menuju claim baggage 14,, di sana kamu tunggu barang2 kamu/koper yang kamu taro di bagasi pesawat..

Lalu cari EXIT… dan taraaaaa.. sampai lahhhhhhh tinggal cari taxi, atau bis menuju tempat yagn dituju… have a nice trip guys ;)

4 komentar:

댓글 주셔서 너무너무 감사합니다~ ^^; 저는 곧 회신해 드리겠습니다..